Tuesday, November 12, 2019

Kecenderungan Katekisasi Baptis 1


Did You Know: 
Salah satu kecenderungan dalam pelaksanaan katekisasi adalah mengajarkan Doktrin Dasar namun kurang mengajarkan Alkitab secara utuh
        
Bukan cerita baru apabila ada orang kristen yang kurang tahu bagaimana membuka Alkitab  dengan urutan yang benar, apalagi tentang isinya. 

Bahkan sebagian lagi,  meskipun menguasai materi katekisasi baptis, namun tanpa pengertian yang cukup untuk menghubungkan kebenaran-kebenaran dengan kehidupan praktis. 

 Pada bagian lain, penguasaan doktrin dasar  biasanya tidak  selalu berkaitan dengan pemahaman Alkitab sebagai suatu kesatuan.   Karena meskipun bersifat praktis, katekisasi dengan menggunakan sejumlah pertanyaan doktrinal dan jawaban dengan dukungan beberapa ayat Alkitab saja, kurang memberikan pemahaman dalam konteks utuh tentang apa yang Alkitab ajarkan. 

 Untuk mengisi celah tersebut maka harus dipadukan dengan pengajaran Alkitab secara kronologis.  Meskipun nampaknya menyita waktu lebih banyak namun manfaatnya jauh lebih besar bagi peserta katekisasi.  Karena itu dalam Buku "Katekisasi Baptis: Langkah Tepat dalam Mengajarkan Alkitab dan Iman Kristen" dimasukkan juga materi pembelajaran Alkitab Perjanjian Lama (Old Testament) dan Alkitab Perjanjian Baru (New Testament).


No comments:

Post a Comment

Katekisasi Baptis: Tanggungjawab Gembala Sidang

Katekisasi Baptis: Tanggungjawab Gembala Sidang Sekian tahun menjadi Gembala Sidang, saya menemukan bahwa para remaja dan pemuda yan...