Thursday, November 21, 2019

Menulis Buku



  Lagipula, anakku, waspadalah! Membuat banyak buku tak akan ada akhirnya, 
dan banyak belajar melelahkan badan.
(Pengkhotbah 12:12)



Beberapa tahun yang lalu seorang Pelayan Tuhan yang telah purna tugas, membawa draft tulisannya dan bertanya bagaimana agar ia dapat menerbitkan tulisan tersebut menjadi sebuah buku?  Ia memiliki harapan yang luarbiasa, yaitu agar banyak orang dapat membaca dan diberkati melalui karya tersebut.  

Saya terharu karena kegigihannya bahwa pada usia yg lanjut dan dengan kesehatan yang menurun,  masih tersisa harapan yang kuat untuk menyelesaikan sesuatu.  Tetapi juga merasa tak berdaya untuk membantunya merealisasikan harapan mulia tersebut.  

Setelah  membaca lembaran demi lembaran - yang sebagian ditulis tangan, sebagian lagi diketik dengan mesin tik dan sebagian dengan komputer - saya hanya dapat menyatakan betapa saya menghargai upayanya untuk menulis dan bahwa topik yang dipilihnya memang penting untuk diketahui banyak orang kristen.

Meskipun akhirnya ia dapat mengerti bahwa tidak ada jalan untuk menerbitkan tulisan tersebut, namun saya mengagumi bahwa ia telah berhasil memikirkan suatu topik secara serius serta menulisnya sampai selesai, dan meskipun tidak pernah diterbitkan menjadi sebuah buku, paling tidak ia telah berhasil mendapat seorang pembaca yang menghargainya dengan luar biasa.

Bukankah ini lebih baik dari pada hanya merencanakan dan tidak menyelesaikan tulisannya? atau seseorang yang hanya sampai pada level terendah yaitu "apa yang harus saya tulis?".  Mungkin saja mengikuti "workshop Penulisan Buku/Writing Workshop" dapat membantu, tetapi tidak dapat menggantikan kesediaan untuk "menderita" dalam prosesnya.  

Salomo telah mengatakannya: "Membuat banyak buku tak akan ada akhirnya, dan banyak belajar melelahkan badan".

No comments:

Post a Comment

Katekisasi Baptis: Tanggungjawab Gembala Sidang

Katekisasi Baptis: Tanggungjawab Gembala Sidang Sekian tahun menjadi Gembala Sidang, saya menemukan bahwa para remaja dan pemuda yan...