Monday, June 10, 2013

Didikan Ayah dan Ajaran Ibu




(8  Hai anakku, dengarkanlah didikan ayahmu, dan jangan menyia-nyiakan ajaran ibumu 9  sebab karangan bunga yang indah itu bagi kepalamu, dan suatu kalung bagi lehermu. Amsal 1:8,9)


Sebagian besar kita pasti pernah mendapat didikan dari seorang Ayah dan ajaran seorang Ibu.  Terlepas dari pengalaman negatif yang dialami oleh sebagian anak pada masa kecil, maka jauh lebih banyak anak-anak yang memiliki Ayah dan ibu yang telah melakukan peran mereka dengan baik.
Memang pada saat didikan dan ajaran disampaikan, seorang anak tidak akan selalu menerimanya dengan baik.  Sebagian mendengar namun tidak melakukan atau mendengar sebentar lalu memberikan komentar yang “menjengkelkan” orangtua.  Namun pastilah didikan dan ajaran yang disampaikan terus menerus dalam konsistensi jangka panjang akan diingat dan menjadi perlengkapan hidup yang tak tampak, namun  mempengaruhi terus menerus sepanjang waktu.

Dalam Amsal 1:8,9, Kitab suci mengingat betapa pentingnya Didikan dan ajaran orangtua.

Berdasarkan Kamus Indonesia, Mendidik dapat diartikan “memelihara dan memberi latihan (ajaran, tuntunan, pimpinan) mengenai akhlak dan kecerdasan pikiran”.

Dalam bahasa Ibrani, kata didikan dapat dipahami sbb:
No. Strong: 04148
Kata       : מוסר muwcar
Pengucapan: moo-sawr’
Asal Kata : from 03256
Sumber    : TWOT-877b See HEBREW_TWOT 04148
Jenis       : n m

Dalam AV  : instruction 30, correction 8, chasten 4, chastisement 3, check 1, bond 1, discipline 1, doctrine 1, rebuker 1
Jumlah    : 50

Definisi Inggris:
1) discipline, chastening, correction
1a) discipline, correction
1b) chastening

Sekarang kita cenderung mengartikan “instruksi” hanya sebatas perintah atasan atau komandan bagi tentara.  Namun pengunaan istilah didikan dari seorang ayah kepada anaknya, memiliki makna yang sejajar dengan kata “instruksi”.  

Amsal 1:7, telah menyatakan bahwa “7 Takut akan TUHAN adalah permulaan pengetahuan, tetapi orang bodoh menghina hikmat dan didikan.”  Kata “didikan”  sama dengan “instruksi” .  ORANG YG MENGABAIKANNYA (Menghina) ADALAH ORANG BODOH.

Sedangkan “Ajaran” yang dimaksud adalah pengajaran Taurat/Torah (Hukum TUHAN) yang disampaikan seorang ibu sejak kecil kepada seorang anak.  Bukan sekedar ajaran turun temurun, nasehat-nasehat bersifat takhayul nenek moyang atau apa yang disukai atau tidak oleh sang ibu.  Namun sepenuhnya adalah ajaran Firman Tuhan.

Sebagaimana makna kata “ajaran” dalam bahasa Ibrani sbb:
No. Strong: 08451
Kata       : תורה towrah or  תרה torah
Pengucapan: to-raw’ to-raw’
Asal Kata : from 03384
Sumber    : TWOT-910d See HEBREW_TWOT 08451
Jenis       : n f

Dalam AV  : law 219
Jumlah    : 219

Definisi Inggris:
1) law, direction, instruction
1a) instruction, direction (human or divine)
1a1) body of prophetic teaching
1a2) instruction in Messianic age
1a3) body of priestly direction or instruction
1a4) body of legal directives
1b) law
1b1) law of the burnt offering
1b2) of special law, codes of law
1c) custom, manner
1d) the Deuteronomic or Mosaic Law


Jadi hal yang terpenting bukan saja hasil akhirnya, apakah seorang anak akan melakukan didikan dan ajaran ibunya.  Namun apakah seorang Ayah melakukan tugasnya untuk mendidik, mendisiplinkan anaknya dan seorang ibu melakukan bagiannya, dalam mengajarkan Firman Tuhan kepada anaknya.

Meskpun kita memiliki banyak guru, kurikulum  baru, media pembelajaran yang canggih, namun AYAH dan IBU adalah PENDIDIK dan PENGAJAR terbaik yang TUHAN siapkan bagi anak-anak. 

Lakukan setiap hari, seminggu dan setahun, maka “tahu-tahu” kita telah melakukannya sepanjang anak-anak masih dalam jangkauan.  Suatu waktu mereka akan pergi, memulai sebuah keluarga dan menjadi Ayah dan Ibu seperti kita.   

Sepanjang kita masih hidup, belum terlambat untuk memulai sebuah sikap baru, masih ada kesempatan untuk berdoa dan menyatakan bahwa anda mengasihi anak-anakmu.

Ams 22:6  Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.
Ams 29:17  Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu.
Ef 6:4  Dan kamu, bapa-bapa, janganlah bangkitkan amarah di dalam hati anak-anakmu, tetapi didiklah mereka di dalam ajaran dan nasihat Tuhan.


11 Juni 2013

Pdt. Desefentison W. Ngir
Gembala Sidang Gereja Kemah Injil Indonesia  Jemaat Siloam Tarakan Kaltara

No comments:

Post a Comment

Katekisasi Baptis: Tanggungjawab Gembala Sidang

Katekisasi Baptis: Tanggungjawab Gembala Sidang Sekian tahun menjadi Gembala Sidang, saya menemukan bahwa para remaja dan pemuda yan...